1) Dasar-dasar SEO
Definisi SEO
Mengapa SEO itu penting?
SEO mungkin merupakan keunggulan pemasaran digital kompetitif terpenting yang dapat kita miliki dibandingkan pesaing.
SEO yang kuat akan memberi kita traffic organik gratis yang jika tidak kita harus membayar (mis. Via Google PPC Adwords atau Iklan Facebook). Lebih mudah dikatakan daripada dilakukan, peringkat pada halaman pertama Google adalah sains dan seni.
Di zaman sekarang ini, jika kita memberi peringkat apa pun melewati halaman pertama di Google, kita hampir tidak akan mendapatkan traffic apa pun sehingga kita perlu bekerja pada Search Engine Optimization jika serius dengan kehadiran online kita.
Peringkat tinggi untuk keywords target kita tidak hanya menempatkan kita dalam sorotan tetapi juga dapat membantu kita mencuri bisnis dari pesaing. Ini menciptakan kesadaran merek dan membantu kita menutup lebih banyak penjualan.
Sekarang setelah kita memiliki pemahaman yang jelas tentang apa itu SEO, teruslah membaca untuk mengetahui bagaimana melakukan SEO seperti seorang PRO.
Baca Juga : Pengertian SEO dan cara kerjanya?
Faktor-faktor apa yang memengaruhi SEO?
SEO dipengaruhi oleh banyak faktor seperti otoritas domain root (flux.la), subdomain (sub.flux.la) dan otoritas url itu sendiri https://flux.la/hidden-seo- Trik.
Google juga mengambil ribuan isyarat lain ketika menentukan peringkat situs, seperti waktu di situs, rasio pentalan, pembagian sosial, dan lainnya.
Ingat, tujuan Google adalah untuk menunjukkan kepada pengunjung informasi terbaik dalam beberapa hasil pertama, sehingga algoritme mereka harus menganalisis banyak faktor untuk mencapai itu.
Kita dapat membagi faktor-faktor peringkat SEO ini menjadi dua bagian: SEO On-Page dan Off-Page.
Kuasai 8 Faktor SEO On-Page dan Hancurkan Peringkat Google
SEO On-page mengacu pada optimasi apa pun yang dapat kita lakukan untuk struktur situs kita sendiri. Berikut adalah aspek yang paling penting:
1. Optimalkan judul meta Anda dan deskripsi meta. Instal Yoast SEO dan pastikan semua postingan blog kita memiliki lampu hijau. Pastikan untuk mengisi judul dan deskripsi yang kaya keywords. Kita dapat menemukan keywords yang sangat bernilai dan sangat konversi dengan melihat Google Adwords yang ditampilkan ketika mencari keywords.
2. Tingkatkan CTR halaman dengan menambahkan keywords ke judul dan deskripsi postingan kita: Hari Ini, Sekarang, Cepat, Langkah-demi-Langkah, Sederhana, Panduan. Juga tambahkan angka, mis. "22 Teknik Pemasaran yang Harus Anda Coba Hari Ini". Memiliki CTR tinggi akan menabrak halaman kita di bagian atas.
3. Gunakan URL deskriptif dan langsung
contoh: https://media-info.id/blog/seo-tips/
4. Tautan ke situs otoritas. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa menautkan ke situs otoritas domain tinggi seperti Wikipedia atau Harvard dapat meningkatkan peringkat Google kita. Pastikan menyertakan setidaknya 3-4 tautan keluar pada setiap pos.
5. Jadikan situs Anda memuat dengan cepat. Google telah mengindikasikan di blog webmaster mereka bahwa waktu buka halaman adalah salah satu sinyal yang mereka lihat ketika mengevaluasi situs kita: “Situs yang lebih cepat menciptakan pengguna yang bahagia dan kami telah melihat dalam penelitian internal kami bahwa ketika sebuah situs merespons dengan lambat, pengunjung menghabiskan lebih sedikit waktu disana."
Inilah yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan kecepatan situs
- Instal WP Super Cache (mudah digunakan, lebih sedikit kontrol) atau W3 Total Cache (lebih banyak kontrol, lebih sulit untuk digunakan)
- Jika Anda menggunakan WordPress, Instal Ewww Image Optimizer atau Shortpixels untuk mengurangi ukuran gambar.
- Jika tidak, kita harus melakukan hal berikut
- Kompres file HTML, JS, dan CSS Anda melalui Gzip (Jangan lakukan gambar)
- Gunakan jaringan distribusi konten (CDN) seperti Amazon Cloudfront. (CDN adalah jaringan server yang berlokasi di seluruh dunia yang semuanya mengandung salinan situs kita. Menggunakan CDN, kita dapat mendistribusikan beban penyajian halaman sehingga situs kita dapat memuat lebih cepat.)
- Gunakan Photoshop dan optimalkan gambar untuk web.
6. (Harus punya) Dapatkan sertifikat SSL (mis. Https). Ini akan membuat situs kita lebih "sah" tetapi juga akan memberi kita dorongan dalam hasil pencarian. Baca pengumuman resmi tentang SSL oleh Google.
7. Pelajari cara menulis artikel SEO yang sempurna dengan lebih dari 2500 kata. Secara sempurna tidak hanya bermaksud SEO-wise tetapi juga content-wise, sehingga kita membuat orang di situs kita nyaman dan juga menghasilkan bisnis dari itu.
8. Tambahkan multimedia ke postingan (mis. Gambar dan video). Itu akan membuat situs kita lebih bermanfaat bagi pengguna dan juga akan membuat mereka menghabiskan lebih banyak waktu untuk itu.
Singkatnya, pastikan User Experience (UX) adalah yang terbaik.
Jangan Lupa 3 Faktor SEO Off-Page Yang Sama Pentingnya Ini
Berikut adalah beberapa faktor kunci yang kebanyakan orang lewatkan ketika datang ke SEO off-page:
1. Kita membutuhkan banyak Social Signals. Ya, Google TIDAK peduli tentang berapa banyak lalu lintas sosial dan berbagi artikel kita. Berikut adalah beberapa ide untuk meningkatkannya.
- Bergabunglah dengan banyak (dan sangat berarti) dari Grup Facebook di niche kita. Posting ke semua grup itu setiap kali kita membuat postingan baru, dan postingan ulang setiap 2-3 bulan. Ini akan meningkatkan traffic seperti orang gila, belum lagi setiap share, like, dan komentar menambah skor sosial kita.
- Seperti yang dapat dibayangkan, kita perlu menghabiskan banyak waktu memposting ke 100-an grup Facebook setiap kali ingin mempromosikan artikel. lebih baik untuk menyewa Asisten Virtual di Fiverr untuk membantu meningkatkan produktivitas.
2. Tidak terlambat untuk membangun backlink pers dan kuat dari situs otoritas tinggi. Di sini kualitas mengalahkan kuantitas, meskipun kuantitas tidak boleh diabaikan. Teriakan dari Forbes bernilai lebih dari 100 situs tingkat rendah, tetapi situs tingkat rendah dapat membantu kita mencapai volume backlink yang baik. Inilah cara mendapatkan semua backlink itu.
Bangun hubungan dengan penulis di grup sehingga mereka meliput kita tidak hanya sekali tetapi beberapa kali. Berikan nilai terlebih dahulu sebelum meminta apa pun. Cara yang baik untuk membangun hubungan adalah dengan menampilkannya terlebih dahulu di blog kita dengan menerima kiriman tamu dari mereka. Jangkau blogger dan penulis lain untuk mengetahui apakah mereka ingin meliput cerita kita.
3. Bangun Merek. Membangun merek akan membantu kita mendapatkan lebih banyak taffic dari waktu ke waktu.
2) Lupakan Search Engine Optimization, sekarang saatnya untuk MENDOMINASI Search Engine
Sekarang kita telah membahas dasar-dasar Search Engine Optimization, sekarang saatnya untuk berbicara tentang Dominasi Search Engine.
Dengan diperkenalkannya Rankbrain, tampil pertama di Google benar-benar membutuhkan 2 kegiatan utama.
Untuk mendominasi hasil, Anda perlu dua hal: Konten Hebat + Backlink Berkualitas Tinggi.
Berapa lama artikel Anda akan peringkat di halaman pertama?
Secara umum, konten yang panjang akan melebihi konten pendek lainnya.
Dalam studi yang dilakukan terhadap lebih dari satu juta posting blog, peneliti menemukan bahwa panjang ideal posting blog adalah 1900+ kata seperti yang ditunjukkan dalam grafik ini:
Posting blog 300 kata tidak akan dipotong dalam jangka panjang karena alasan berikut: orang hanya akan mengklik situs kita, membaca artikel dalam 30 detik dan pergi, tanpa memberi Anda kesempatan untuk mengkonversi klik itu menjadi klien.
Selain itu, posting yang panjang secara alami akan berisi taburan keywords yang sehat di seluruh teks, dan bukannya artikel yang terdiri dari 300 kata yang macet, di mana 50 dari kata-kata tersebut hanyalah keywords target kita.
Lebih penting lagi, konten yang panjang akan menambah waktu di situs (juga dikenal sebagai waktu tayang) yang dihabiskan seseorang di situs kita, yang merupakan metrik utama dalam hal pemeringkatan.
Strategi umum untuk menulis postingan blog adalah membuat secara alami membuat kita menulis konten yang luas. Misalnya 3600 kata.
Kita harus bertujuan untuk menulis artikel terbaik yang pernah ditulis pada topik yang kita pilih. Cara termudah adalah mencari keywords dan memadatkan 10 hasil pencarian teratas.
Bagaimana kita mendapatkan backlink?
- Kita dapat memeriksa profil backlink dari halaman pesaing kita dengan menyalin dan menempelkan tautan ke Ahrefs atau SEMrush, dari sana kita dapat pergi ke setiap situs yang terhubung ke mereka dan mencoba untuk mendapatkan backlink ke situs kita.
- Kita juga dapat membeli domain yang kedaluwarsa dan 301 mengarahkannya ke situs kita. Kita akan mendapatkan semua jus SEO yang telah dibangun oleh domain tersebut. <- Ini adalah sumber yang sangat undervalued, asalkan kita menemukan domain yang bagus. Sebagai nilai tambah, jika kita membeli domain di niche kita, kita dapat mengarahkan semua traffic mereka ke situs kita.
- Kita dapat menulis postingan tamu dan membuka podcast.
Alat SEO terbaik di 2019
5 alat SEO :
- (berbayar) Ahrefs. Alat ini akan memungkinkan kita untuk memata-matai backlink pesaing kita dan melakukan Keyword Research lanjutan.
- (berbayar) SEMRush. Mirip dengan Ahrefs tetapi sekarang baru-baru ini meluncurkan versi beta dari pengoptimal konten yang sangat baik.
- (gratis) Google Keyword Planner. Kita dapat menggunakan Keyword Planner untuk melihat volume pencarian dan kesulitan dari serangkaian keywords tertentu.
- (gratis) Keywords Everywhere. Dapat melihat informasi tentang volume, BPK, dan persaingan di setiap pencarian Google yang kita buat.
- (gratis) SEOQuake. Menunjukkan wawasan luar biasa di bawah setiap hasil pencarian.
patut d coba.
- (gratis) Alexa Toolbar. Meskipun Alexa Rank dari suatu situs tidak ada hubungannya dengan SEO-nya, berguna untuk memahami traffic seperti apa yang diperoleh situs kita dan situs pesaing dan dari mana asalnya.
- (gratis) Moz Toolbar, yang membantu melihat berbagai metrik halaman (seperti otoritas domainnya) dengan cepat
- (gratis) Minion SEO Extension Chrome baru, yang akan membantu kita menganalisis kesehatan SEO di halaman situs mana pun.
Jadi apa strategi SEO saya selangkah demi selangkah untuk mengoptimalkan situs saya?
Sementara setiap situs memiliki nada dan audiensnya sendiri, prinsip-prinsip SEO adalah sama persis.
1. Tentukan strategi konten Anda
Tidak ada gunanya peringkat tinggi jika postingan blog itu tidak memungkinkan kita untuk menjalin hubungan dengan pembaca, mendapatkan lebih banyak Penghasilan Adsense.
Jadi, langkah pertama dalam menulis adalah menentukan apa yang ingin kita capai dengan postingan kita. Tujuan dari strategi konten akan sangat menentukan bagaimana menyusun postingan blog kita.
2. Tentukan bidang keahlian (alias niche kita)
Setelah menentukan strategi konten, pikirkan informasi apa yang menurut pembaca akan bernilai.
Jika menulis tentang diet dan penurunan berat badan dengan harapan menjual program kepada pelanggan , kita ingin membuat hubungan dengan pembaca melalui serangkaian posting yang menginformasikan pembaca dan yang membedakan kita sebagai pemimpin pemikiran atau ahli di bidang itu.
Kita bahkan mungkin ingin membuat daftar email dan kemudian menjual produk melalui pemasaran email.
Setelah mengetahui informasi apa yang akan beresonansi, Kita akan dapat menemukan inspirasi keywords dengan lebih cepat.
3. Temukan keywords yang tepat untuk ditargetkan
Pemeringkatan untuk "seo" sulit. Pemeringkatan untuk "tip seo" sedikit lebih mudah (keywords ekor sedang).
Bagaimana melakukan penelitian keywords yang tepat?
Kita dapat menggunakan beberapa alat untuk menemukan keywords dengan keseimbangan antara kesulitan dan volume pencarian.
Di Ahrefs, kita dapat pergi ke Keyword Research dan mengetikkan beberapa keywords yang berhubungan dengan postingan blog yang ingin ditulis.
Setelah algoritme berjalan, kita akan disajikan statistik untuk keywords kita ditambah keywords lain yang harus kita pertimbangkan.
Metode lain untuk menemukan keywords adalah menggunakan Search Console
Tahukah jawaban untuk peringkat # 1 telah diberikan kepada kita oleh Google?
Ya, itu hanya disembunyikan di bawah Search Console kita.
Jika kita melompat ke Search Analytics, kita dapat melihat data berharga seperti keywords yang sudah kita peringkatkan. menginstal plugin Chrome Everywhere Chrome untuk melihat informasi seperti Volume Bulanan, BPK dan Persaingan.
Terkadang lebih mudah untuk mengoptimalkan dan memperbarui postingan blog lama daripada menulis yang baru. (Misalnya, saya terus-menerus memperbarui posting khusus ini untuk memasukkan informasi yang mungkin saya lewatkan).
Ketika saya ingin memperbarui posting saya, saya mengambil semua keywords yang diperingkat oleh setiap postingan, memasukkannya ke dalam Google doc dan kemudian mengurutkannya berdasarkan Volume atau Kompetisi dan kemudian melihat apakah ada lubang konten yang bisa saya perbaiki. (Misalnya, artikel ini tidak memiliki bagian tentang "penelitian keywords" jadi saya menambahkannya).
Anda juga dapat menemukan keywords menggunakan Keywords Everywhere dan menjalankan melalui beberapa pencarian Google.
4. Tulis konten yang sempurna SEO secara alami
sudah disebutkan bahwa kita harus memikirkan sekitar 2.500 kata postingan atau lebih lama.
Inilah cara untuk menulis salah satu dari postingan monster itu dengan jumlah usaha dan waktu yang paling sedikit.
Pertama, mencari keywords yang ditemukan di langkah 3 dan melihat apa yang ditulis oleh peringkat teratas dan melihat apakah mereka menyebutkan sesuatu yang belum diketahui. Dari sana, disusun postingan kita hanya dengan header.
Setelah keywords ditempatkan secara strategis di header H2, paragraf cukup banyak menulis sendiri. (dari langkah ini, kita bisa memasang iklan ke penulis jika kita mau)
Setelah posting blog disusun, sekarang saatnya untuk pemeriksaan SEO melalui Yoast (Plugin WordPress). Pada keywords fokus, saya memilih keywords dengan volume tertinggi dari 3-4 keywords target.
Setelah itu sertakan gambar dan video.
5. Cara setengah otomatis, setengah manual untuk menentukan peringkat konten
Kita tidak ingin semua kerja keras menulis postingan blog yang sempurna hanya sia-sia, bukan?
Sebuah posting blog hanya berharga jika peringkatnya di halaman pertama, kalau tidak, itu tidak masalah.
Berikut adalah beberapa hal yang dilakukan untuk memberi peringkat konten tersebut:
- Yang jelas dan mudah: bagikan di semua akun media sosial. Inilah trik untuk mengotomatiskan semua itu: Gunakan IFTTT dan hubungkan WordPress dengan semua akun. Dengan begitu kita menghabiskan 10 menit menyiapkan semuanya.
- Sindikasikan konten ke Thrive Global secara otomatis menggunakan plugin Medium di WordPress (tentu saja dengan tag "canonical").
- Ketika sudah memiliki jaringan blogger yang akan mereferensikan konten dan membagikannya, membuat backlink yang diperlukan untuk membantu peringkat lebih tinggi.
- Buat akun di Future Shark dan kirimkan postingan dengan tautan ke posting baru kita menggunakan keywords utama kita sebagai jangkar teks. (Backlink gratis berkualitas tinggi)
Membangun reputasi
Ketika menjadi otoritas dalam niche, kita akan melihat bahwa peringkat konten jauh lebih mudah.
Ini karena fakta bahwa Google sekarang menggunakan manusia untuk mengevaluasi situs secara manual (di antara 200 faktor peringkat lainnya).
Jika kita dapat memposisikan diri sebagai ahli, kita akan menghancurkan Google SERPs.
Inilah cara kita dapat meningkatkan merek pribadi (brand) :
- Punya halaman tentang yang menjelaskan topik yang kita tulis.
- Buka Podcast, lakukan video Youtube, menangkan penghargaan yang memberi kita lebih banyak kredibilitas.
- Dapatkan penawaran di banyak situs sebagai ahli materi pelajaran
Cara Memenangkan Featured Snippet
Ada beberapa jenis Featured Snippet, seperti:
- Lists
- Paragraph answers
- Tables
Karena mengambil banyak real estat di halaman pencarian, kita dapat satu ton klik wkwkkw.
Cara untuk mendapatkan cuplikan fitur adalah dengan menempati urutan pertama top 10 untuk kueri yang diberikan.
Namun, tidak semua kueri akan memiliki cuplikan unggulan. Untuk memeriksa apakah kueri yang diberikan memiliki cuplikan unggulan, Anda dapat menggunakan Ahrefs.
Temukan opsi Cuplikan Unggulan di bawah fitur SERP.
Sekarang untuk permintaan yang diberikan, cobalah untuk menjawabnya dengan cara yang sesingkat mungkin (<40 kata)