Banyaknya situs web yang ada saat ini, bagaimana orang menemukan dan mencari web kita di Google, Yahoo, Baidu atau Bing?
Singkatnya, SEO dapat didefinisikan sebagai strategi pemasaran digital yang membantu meningkatkan kuantitas dan kualitas traffic situs web
Bagian optimasi SEO terdiri dari serangkaian langkah yang dapat kita ambil untuk traffic lebih tinggi di Google
Meskipun mungkin tampak membosankan dan menyakitkan pada awalnya, SEO sebenarnya bisa lebih menyenangkan dan mudah diterapkan.
Cara terbaik untuk memahami SEO dengan cara ini:
Ketika seorang pengguna mencari istilah di mesin pencari seperti Google, hasil yang disajikan kepadanya adalah serangkaian situs web yang relevan dengan kueri dan situs web yang memiliki otoritas domain yang kuat (di antara faktor-faktor lain yang dijelaskan di bawah).
Misalnya ketika kita mencari ' ide kue coklat', hasil teratas adalah yang mengadopsi praktik SEO terbaik di mata Google.
Ini terutama karena mesin pencari menggunakan crawler canggih yang mengumpulkan informasi di setiap situs web, mengumpulkan setiap konten yang dapat ditemukan di Internet.
Itu menciptakan indeks untuk setiap situs web yang dibandingkan dengan algoritma yang telah dibangun Google untuk praktik SEO terbaik.
1. Domain Authority
Domain Authority (DA) adalah metrik yang menunjukkan seberapa besar kepercayaan yang telah dibangun domain Anda seiring waktu dengan masalah backlink dan usia.
Demikian pula, semakin lama domain Anda, semakin tinggi Domain Authority.
Faktor penting lain adalah relevansi nama domain sehubungan dengan keywords yang kita targetkan. Misalnya, seohandal.com akan lebih mungkin untuk peringkat yang lebih baik daripada mediablog.com untuk kueri terkait "seo".
Terakhir, beberapa teman pakar SEO saya melaporkan bahwa domain yang lebih pendek umumnya akan mengungguli domain yang lebih panjang.
Kita juga dapat meningkatkan Domain Authority dengan membangun backlink ke situs kita
2. Keywords
SEO dimulai dengan memilih Keywords yang tepat (yang dapat kita temukan dengan baik menggunakan Google’s Keyword Planner or Ahrefs).
Strategi dengan blog baru adalah mulai dengan memilih Keywords persaingan sedang hingga rendah dan kemudian secara perlahan membangun postingan untuk menargetkan istilah/term yang lebih kompetitif.
Jika kita ingin peringkat maka kita harus memasukkan Keywords LSI (Keywords yang sinonim dengan istilah/term target kita).
Misalnya, situs yang berbicara tentang "charger portabel" juga dapat mencakup istilah seperti "bank daya", "baterai portabel untuk ponsel" dan sebagainya. Pastikan untuk memasukkan Keywords yang ingin dirangking dalam judul dan dalam sub-judul untuk optimasi halaman yang sempurna.
3. Relevancy and Context
Mesin pencari lebih pintar dari sebelumnya.
Mereka tahu perbedaan antara halaman yang relevan dan yang disalin.
Mereka juga dapat membedakan apakah situs hanya tentang jeruk atau batang. Tetap berpegang pada niche ketika membangun situs dan menyediakan konten khusus untuk niche tersebut. niche adalah pemasaran online dan SEO.
4. Number of Inbound and Outbound links
Tautan yang lebih relevan dengan situs web kita, semakin besar skor SEO kita.
Hal yang sama berlaku untuk tautan masuk yang sebenarnya lebih disukai, terutama jika berasal dari sumber yang bergengsi, relevan, dan populer.
Anda bisa mendapatkan backlink dengan menjadikan diri kita tampil di situs berita besar misalnya.
5. Site Speed
Google sangat peduli tentang seberapa cepat situs kita dimuat. Untuk mempercepat situs, kita dapat menggunakan plugin caching seperti W3 Total Cache atau menggunakan CDN untuk mengirimkan konten Anda dengan cara yang lebih cepat.
6. Clean and responsive design
Saat ini, situs web terbaik yang dioptimalkan adalah situs yang bersih, fungsional, dan responsif terhadap perangkat dari semua jenis dan ukuran. Faktanya, Google bahkan lebih menyukai situs web yang memiliki desain ramah seluler daripada yang tidak memilikinya.
Jika menggunakan WordPress, kita dapat menginstal plugin AMP agar memuat situs kita sangat cepat. Jika situs kita tidak menggunakan WordPress, Anda harus belajar bagaimana memanfaatkan proyek laman seluler yang dipercepat oleh Google.
7. URL structure
Semakin mudah url kita, semakin baik bagi manusia dan mesin pencari untuk memahami apa yang dimaksud dengan posting kita.
Berikut ini dua contoh:
a) media-info.id/blog/apa-itu-seo/
b) media-info.id/blog/archives/04/04/2019/seo/?p=23
Jelas contoh A lebih baik karena deskriptif dan to the point.
Beberapa penelitian telah mengkonfirmasi bahwa semakin pendek url, semakin baik. Namun demikian, kita masih ingin memastikan bahwa memasukkan keywords menjadi SEO tambahan.
8. Length of content
Setiap kali menulis postingan blog yang ingin peringkat teratas. Search Engines telah memberi hadiah konten bentuk panjang dan pada tahun 2018, Google tidak akan memberi peringkat kecuali kita menulis setidaknya 1500-2000 kata per postingan.
Ketika kita menulis konten formulir yang panjang, kita memberi kesempatan untuk menjelajahi topik secara mendalam, yang pada gilirannya meningkatkan waktu yang dihabiskan beberapa pengunjung di situs kita dan memberi sinyal kepada Google bahwa konten kita mengagumkan.
Banyak pembaca bertanya tentang ini:
"Jika saya harus memulai dari awal dengan domain baru, bagaimana saya melakukannya?"
Jadi apa strateginya?
1.Temukan Keywords yang memiliki volume yang layak
2. Buat konten panjang yaitu 1500+ kata
3. Bangun backlink
Ada banyak alat bagus di luar sana termasuk Keywords Everywhere (gratis). Keywords Everywhere berguna untuk memahami volume dan persaingan kueri.
Ahrefs adalah pengecek backlinks yang sudah diketahui secara umum oleh praktisi SEO sebagai pengecek backlinks yang paling baik saat ini
Google Search Console untuk melihat kinerja situs kita dari waktu ke waktu.
Kita menggunakan alat-alat itu untuk 97% dari apa yang kita lakukan. Untuk 3% sisanya seperti alat membangun backlink dan lainnya.
SEO memiliki potensi untuk mengarahkan banyak arahan berkualitas ke situs web kita secara gratis.
Misalnya, ketika Anda mencari "pengisi daya portabel yang disesuaikan", bukankah Anda lebih cenderung menjadi klien siapa pun yang muncul di Google?
Ini adalah kekuatan optimasi mesin pencari.
Ini memberi kita keuntungan yang nantinya bisa menayangkan iklan atau bahkan menjual produk.
SEO jauh lebih baik daripada PPC (pay per klik) karena kita tidak perlu mengeluarkan uang iklan untuk mengarahkan traffic ke situs kita.
Dengan PPC, traffic akan berhenti segera setelah kita berhenti membayar iklan. SEO memiliki efek yang lebih tahan lama.
Di sisi lain, keuntungan dari PPC adalah bahwa jika kitavmemiliki halaman penjualan yang dikonversi dengan baik, kita dapat dengan mudah meningkatkan penjualan sejak hari pertama tanpa harus menunggu semua upaya SEO untuk memulai berbulan-bulan kemudian.
Tautan balik hanyalah tautan dari situs eksternal ke situs kita. Misalnya, ketika saya menautkan ke agen SEO ini di Jakarta, saya membuat backlink untuk mereka. Semakin tinggi backlink yang kita dapatkan, semakin tinggi otoritas dan pangkat situs kita.
Karenanya, membangun backlink adalah tugas SEO jika ingin mencapai halaman # 1.
Google mendominasi mesin pencari dengan hampir 80% dari semua pencarian global. Yahoo dan Bing masing-masing memiliki sekitar 9%. Meskipun teknik yang telah kita diskusikan di sini terutama tentang Google SEO, mereka berlaku untuk semua mesin pencari yang sama.
Mengingat bahwa tujuan utama SEO adalah untuk mengarahkan traffic ke situs, kita juga dapat memperoleh lebih banyak kunjungan melalui iklan (seperti Google Adwords atau iklan Facebook), Anda juga dapat mengarahkan traffic melalui tautan afiliasi dan mendapatkan penawaran pada artikel di situs yang diperdagangkan.
Pada akhirnya, cara terbaik untuk belajar SEO adalah dengan melakukannya. Semakin banyak konten organik, alami, dan unik yang kita tulis di situs web responsif, semakin baik hasil yang kita harapkan.
Namun, sama seperti setiap praktik pemasaran digital lainnya, SEO membutuhkan waktu (setidaknya beberapa bulan untuk memulai) jadi bersabarlah dan jangan berkecil hati. Butuh setidaknya satu tahun untuk mulai melihat traffic yang konsisten.
Intinya adalah bahwa SEO bukanlah pekerjaan satu kali. Ini adalah strategi berulang yang harus fokus pada setiap situs web.
Ini bisa memakan waktu, tetapi jika kita mau belajar maka itu pasti akan membuahkan hasil dalam jangka panjang.
Mendapatkan traffic organik hanyalah langkah pertama dalam membangun bisnis yang sukses, jangan lupa bahwa kita juga bisa mendapatkan traffic dengan menampilkan di situs-situs utama, menggerakkan banyak traffic dari media sosial, dan membangun basis penggemar setia yang akan terus melihat dan membagikan ke teman-teman mereka.
Baca Juga : Cara Melakukan SEO di 2019
Apa itu SEO?
SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization dan menggambarkan logika di balik peringkat situs web ketika kita melakukan pencarian pada mesin pencari.Singkatnya, SEO dapat didefinisikan sebagai strategi pemasaran digital yang membantu meningkatkan kuantitas dan kualitas traffic situs web
Bagian optimasi SEO terdiri dari serangkaian langkah yang dapat kita ambil untuk traffic lebih tinggi di Google
Meskipun mungkin tampak membosankan dan menyakitkan pada awalnya, SEO sebenarnya bisa lebih menyenangkan dan mudah diterapkan.
Cara terbaik untuk memahami SEO dengan cara ini:
- A marketing discipline - memahami SEO sangat penting untuk semua upaya pemasaran kita karena dengan cara ini kita akan dapat mengarahkan traffic ke situs web. Kita tidak hanya perlu menulis konten yang disukai Google tetapi juga konten yang akan beresonansi dengan audiens.
- A technical task - mengetahui praktik terbaik untuk mengoptimalkan konten dan situs kita untuk bersaing memperebutkan traffic . Orang yang mengetahui seluk beluk optimasi mesin pencari sangat dicari.
- An exciting field - membuat konten yang kita suka adalah sangat menyenangkan. SEO yang terus berkembang membuat terus membaca tentang perubahan algoritma baru dan banyak lagi.
Bagaimana cara kerja SEO?
Ketika seorang pengguna mencari istilah di mesin pencari seperti Google, hasil yang disajikan kepadanya adalah serangkaian situs web yang relevan dengan kueri dan situs web yang memiliki otoritas domain yang kuat (di antara faktor-faktor lain yang dijelaskan di bawah).
Misalnya ketika kita mencari ' ide kue coklat', hasil teratas adalah yang mengadopsi praktik SEO terbaik di mata Google.
Ini terutama karena mesin pencari menggunakan crawler canggih yang mengumpulkan informasi di setiap situs web, mengumpulkan setiap konten yang dapat ditemukan di Internet.
Itu menciptakan indeks untuk setiap situs web yang dibandingkan dengan algoritma yang telah dibangun Google untuk praktik SEO terbaik.
8 faktor SEO yang wajib untuk peringkat tertinggi
1. Domain Authority
Domain Authority (DA) adalah metrik yang menunjukkan seberapa besar kepercayaan yang telah dibangun domain Anda seiring waktu dengan masalah backlink dan usia.
Demikian pula, semakin lama domain Anda, semakin tinggi Domain Authority.
Faktor penting lain adalah relevansi nama domain sehubungan dengan keywords yang kita targetkan. Misalnya, seohandal.com akan lebih mungkin untuk peringkat yang lebih baik daripada mediablog.com untuk kueri terkait "seo".
Terakhir, beberapa teman pakar SEO saya melaporkan bahwa domain yang lebih pendek umumnya akan mengungguli domain yang lebih panjang.
Kita juga dapat meningkatkan Domain Authority dengan membangun backlink ke situs kita
2. Keywords
SEO dimulai dengan memilih Keywords yang tepat (yang dapat kita temukan dengan baik menggunakan Google’s Keyword Planner or Ahrefs).
Strategi dengan blog baru adalah mulai dengan memilih Keywords persaingan sedang hingga rendah dan kemudian secara perlahan membangun postingan untuk menargetkan istilah/term yang lebih kompetitif.
Jika kita ingin peringkat maka kita harus memasukkan Keywords LSI (Keywords yang sinonim dengan istilah/term target kita).
Misalnya, situs yang berbicara tentang "charger portabel" juga dapat mencakup istilah seperti "bank daya", "baterai portabel untuk ponsel" dan sebagainya. Pastikan untuk memasukkan Keywords yang ingin dirangking dalam judul dan dalam sub-judul untuk optimasi halaman yang sempurna.
3. Relevancy and Context
Mesin pencari lebih pintar dari sebelumnya.
Mereka tahu perbedaan antara halaman yang relevan dan yang disalin.
Mereka juga dapat membedakan apakah situs hanya tentang jeruk atau batang. Tetap berpegang pada niche ketika membangun situs dan menyediakan konten khusus untuk niche tersebut. niche adalah pemasaran online dan SEO.
4. Number of Inbound and Outbound links
Tautan yang lebih relevan dengan situs web kita, semakin besar skor SEO kita.
Hal yang sama berlaku untuk tautan masuk yang sebenarnya lebih disukai, terutama jika berasal dari sumber yang bergengsi, relevan, dan populer.
Anda bisa mendapatkan backlink dengan menjadikan diri kita tampil di situs berita besar misalnya.
5. Site Speed
Google sangat peduli tentang seberapa cepat situs kita dimuat. Untuk mempercepat situs, kita dapat menggunakan plugin caching seperti W3 Total Cache atau menggunakan CDN untuk mengirimkan konten Anda dengan cara yang lebih cepat.
6. Clean and responsive design
Saat ini, situs web terbaik yang dioptimalkan adalah situs yang bersih, fungsional, dan responsif terhadap perangkat dari semua jenis dan ukuran. Faktanya, Google bahkan lebih menyukai situs web yang memiliki desain ramah seluler daripada yang tidak memilikinya.
Jika menggunakan WordPress, kita dapat menginstal plugin AMP agar memuat situs kita sangat cepat. Jika situs kita tidak menggunakan WordPress, Anda harus belajar bagaimana memanfaatkan proyek laman seluler yang dipercepat oleh Google.
7. URL structure
Semakin mudah url kita, semakin baik bagi manusia dan mesin pencari untuk memahami apa yang dimaksud dengan posting kita.
Berikut ini dua contoh:
a) media-info.id/blog/apa-itu-seo/
b) media-info.id/blog/archives/04/04/2019/seo/?p=23
Jelas contoh A lebih baik karena deskriptif dan to the point.
Beberapa penelitian telah mengkonfirmasi bahwa semakin pendek url, semakin baik. Namun demikian, kita masih ingin memastikan bahwa memasukkan keywords menjadi SEO tambahan.
8. Length of content
Setiap kali menulis postingan blog yang ingin peringkat teratas. Search Engines telah memberi hadiah konten bentuk panjang dan pada tahun 2018, Google tidak akan memberi peringkat kecuali kita menulis setidaknya 1500-2000 kata per postingan.
Ketika kita menulis konten formulir yang panjang, kita memberi kesempatan untuk menjelajahi topik secara mendalam, yang pada gilirannya meningkatkan waktu yang dihabiskan beberapa pengunjung di situs kita dan memberi sinyal kepada Google bahwa konten kita mengagumkan.
Jika kita memiliki situs baru, bagaimana kita memulai dengan SEO?
"Jika saya harus memulai dari awal dengan domain baru, bagaimana saya melakukannya?"
Jadi apa strateginya?
1.Temukan Keywords yang memiliki volume yang layak
2. Buat konten panjang yaitu 1500+ kata
3. Bangun backlink
Alat apa yang dapat kita gunakan untuk SEO?
Ahrefs adalah pengecek backlinks yang sudah diketahui secara umum oleh praktisi SEO sebagai pengecek backlinks yang paling baik saat ini
Google Search Console untuk melihat kinerja situs kita dari waktu ke waktu.
Kita menggunakan alat-alat itu untuk 97% dari apa yang kita lakukan. Untuk 3% sisanya seperti alat membangun backlink dan lainnya.
Mengapa kita melakukan SEO?
SEO memiliki potensi untuk mengarahkan banyak arahan berkualitas ke situs web kita secara gratis.
Misalnya, ketika Anda mencari "pengisi daya portabel yang disesuaikan", bukankah Anda lebih cenderung menjadi klien siapa pun yang muncul di Google?
Ini adalah kekuatan optimasi mesin pencari.
Ini memberi kita keuntungan yang nantinya bisa menayangkan iklan atau bahkan menjual produk.
Alternatif untuk SEO: Apakah SEO lebih baik dari PPC?
SEO jauh lebih baik daripada PPC (pay per klik) karena kita tidak perlu mengeluarkan uang iklan untuk mengarahkan traffic ke situs kita.
Dengan PPC, traffic akan berhenti segera setelah kita berhenti membayar iklan. SEO memiliki efek yang lebih tahan lama.
Di sisi lain, keuntungan dari PPC adalah bahwa jika kitavmemiliki halaman penjualan yang dikonversi dengan baik, kita dapat dengan mudah meningkatkan penjualan sejak hari pertama tanpa harus menunggu semua upaya SEO untuk memulai berbulan-bulan kemudian.
Apa itu backlink SEO?
Tautan balik hanyalah tautan dari situs eksternal ke situs kita. Misalnya, ketika saya menautkan ke agen SEO ini di Jakarta, saya membuat backlink untuk mereka. Semakin tinggi backlink yang kita dapatkan, semakin tinggi otoritas dan pangkat situs kita.
Karenanya, membangun backlink adalah tugas SEO jika ingin mencapai halaman # 1.
Apakah tips ini hanya untuk Google SEO?
Google mendominasi mesin pencari dengan hampir 80% dari semua pencarian global. Yahoo dan Bing masing-masing memiliki sekitar 9%. Meskipun teknik yang telah kita diskusikan di sini terutama tentang Google SEO, mereka berlaku untuk semua mesin pencari yang sama.
Apakah ada alternatif lain untuk SEO?
Mengingat bahwa tujuan utama SEO adalah untuk mengarahkan traffic ke situs, kita juga dapat memperoleh lebih banyak kunjungan melalui iklan (seperti Google Adwords atau iklan Facebook), Anda juga dapat mengarahkan traffic melalui tautan afiliasi dan mendapatkan penawaran pada artikel di situs yang diperdagangkan.
Bagaimana kita bisa belajar SEO?
Namun, sama seperti setiap praktik pemasaran digital lainnya, SEO membutuhkan waktu (setidaknya beberapa bulan untuk memulai) jadi bersabarlah dan jangan berkecil hati. Butuh setidaknya satu tahun untuk mulai melihat traffic yang konsisten.
Intinya adalah bahwa SEO bukanlah pekerjaan satu kali. Ini adalah strategi berulang yang harus fokus pada setiap situs web.
Ini bisa memakan waktu, tetapi jika kita mau belajar maka itu pasti akan membuahkan hasil dalam jangka panjang.
Terakhir
Mendapatkan traffic organik hanyalah langkah pertama dalam membangun bisnis yang sukses, jangan lupa bahwa kita juga bisa mendapatkan traffic dengan menampilkan di situs-situs utama, menggerakkan banyak traffic dari media sosial, dan membangun basis penggemar setia yang akan terus melihat dan membagikan ke teman-teman mereka.
Baca Juga : Cara Melakukan SEO di 2019