Latar Belakang
Kemajuan teknologi sekarang ini sudah semakin pesat dan telah merambah ke berbagai sektor kehidupan dunia. Perkembangan teknologi tersebut didukung oleh banyaknya perangkat lunak, perangkat keras dan juga internet yang semakin hari semakin canggih perkembangannya untuk memenuhi tuntutan yang dihadapi oleh kebutuhan manusia. kebutuhan kecepatan dan keakuratan informasi semakin berkembang karena didorong oleh kebutuhan data dan informasi dan pertumbuhan tingkat kecerdasan manusia. Perkembangan teknologi dapat memudahkan terhadap suatu pekerjaan yang sulit dikerjakan dan tepat waktu dalam pengerjaannya. Misalkan dalam suatu organisasi, instansi pemeritahan atau perusahaan. Ranah pendidikan merupakan salah satu lembaga yang sangat mengikuti perkembangan teknologi informasi.
Sekolah Menengah Negeri 2 Cidolog merupakan salah satu smp negeri yang berada di Kabupaten Sukabumi yang berdiri sejak tahun 2014. beralamatkan di jalan Panembong Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi. Berdasarkan kurikulum 2013 pemanfaatan teknologi komputer dalam proses belajar sangat disarankan untuk membuat siswa bisa belajar mandiri dan memiliki wawasan yang luas.
SMP Negeri 2 Cidolog memiliki fasilitas laboratorium komputer yang memadai namun kurang dimanfaatkan dalam proses pembelajarannya. Dalam pemanfatan teknologi informasi media pembelajaran berbentuk multimedia belum ada. Siswa-siswi SMP Negeri 2 cidolog sudah bagus dalam menangkap materi yang disampaikan oleh gurunya karena nilai yang mereka peroleh sudah mencapai rata-rata nilai hanya saja dalam pembelajaran mereka terkadang kesulitan memahami pelajaran karena materi yang disampaikan terpaku pada buku teks bacaan, siswa tidak mengetahui gambaran secara lengkap isi materi yang disampaikan terutama sub materi IPA terutama pada sub pembahasan indera pada manusia terutama pada pembahasan penglihatan yaitu optik mata mansuia yang sedikit sekali pembahasannya, karena pada dasarnya belajar IPA akan lebih mudah jika terdapat praktik langsung atau minimal terdapat materi yang menjelaskan secara lengkap agar mudah di pahami oleh siswa-siswinya.
Oleh karena itu penulis menentukan judul skripsi dengan permasalahan yang ada di SMP Negeri 2 Cidolog yaitu“Media Pembelajaran Biologi Optik Mata Manusia Berbasis Multimedia”” dengan tujuan agar siswa-siwinya lebih paham materi IPA dan lingkungan sekitarnya.
1.2 Identifikasi Masalah
SMP Negeri 2 Cidolog merupakan sekolah yang pendidikan dan metode pembelajarannya sudah dilengkapi dengan fasilitas laboratorium komputer akan tetapi masih kurang dalam segi pemanfaatan teknologi yang digunakan untuk menunjang metode pembelajaran berbasis multimedia. Adapun masalah yang ada di SMP Negeri 2 Cidolog yaitu :
1. Siswa kesulitan dalam memahami materi karena jenuh dengan pembelajaran konvensional di dalam kelas yang terpaku pada buku pelajaran yang berisi materi teks bacaan.
2. Materi pembelajaran IPA belum ada yang berbasis multimedia.
1.3 Tujuan Penelitian
Tujuan penulis dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
1. Animasi ini dibuat agar siswa lebih memahami materi pembelajaranIndera penglihatan pada manusia .
2. Animasi ini diharapkan dapat mempermudah siswa dalam mengerjakan latihan soal.
Manfaat Penelitian
Manfaat dari penelitian yang dilakukan adalah sebagai berikut :
1. Isi materi pembelajaran IPA khususnya pada indera penglihatan manusia semakin jelas dengan adanya animasi pembelajaran ini.
2. Media penunjang pembelajaran ini untuk mempermudah siswa memahami dengan cepat materi pelajaran IPA khusnya pada indera penglihatan manusiayang disampaikan.
1.5 Batasan Masalah Penelitian
Penulis membatasi masalah dala|m penelitian ini dengan beberapa hal sebagai berikut:.
1. Siswa menjadi mudah dalam memahami materi pembelajaran dengan animasi pembelajaran yang akan dibuat.
2. Materi penunjang pembelajaran IPA ksususnya indera penglihatan manusia dibuat menjadi animasi pembelajaran berbasis multimedia.